Skip to main content

Aplikasi Menghilangkan Suara Drum Pada Lagu

Untuk teman-teman yang berada dan berdomisili di Jakarta dan ingin belajar drum langsung dengan saya, silakan aja. Kebetulan saya membuka kursus drum bertempat di rumah saya di Cempaka Putih Jakarta Pusat. Untuk detail mengenai biaya dan alamatnya, silakan teman-teman bisa mengklik di BIAYA KURSUS DRUM INI.

Kali ini kita akan membahas mengenai aplikasi menghilangkan suara drum pada lagu. Ini biasanya dicari oleh teman-teman kita yang ingin membuat video drum cover. Apalagi sekarang video drum cover kan lagi marak di youtube. Nah kita bahas yuk aplikasi apa sih yang bisa menghilangkan suara drum pada lagu..

Kalau kita mengerti mengenai proses rekaman, dimana yang direkam itu satu per satu, kemudian dari situ kita menggabungkannya menjadi satu, lalu kemudian dari situ juga akan melalui proses yang namanya mixing, dan kemudian melalui proses mastering baru kemudian bisa kita dengarkan dengan baik.

Nah buat teman-teman yang memang mengerti proses rekamannya seperti apa, untuk bisa memisahkan kembali sebenarnya menjadi tanda tanya besar? Untuk apa dipisahkan lagi? Satu hal yang memang dikumpulkan menjadi satu dari yang terpisah kemudian kita ingin memisahkannya lagi?

Kalau kita ingin memisahkannya lagi, untuk bisa sempurna dalam memisahkannya, kita butuh data mentah trackingnya dimana disana masih menjadi satu per satu, gitar ya cuma gitar aja tidak ada suara drum disitu, dan gitar pun akan ada banyak track disitu.

Juga drum juga masih per satuan, yang mana suara snare drum, yang mana suara kick drum dan lain-lain. Nah untuk bisa meminta datanya, teman-teman harus menghubungi band yang bersangkutan. Karena ini sulit dilakukan apalagi kalau untuk band luar negeri, makanya kita hanya bisa berharap band tersebut berbaik hati untuk mensharekan data tracknya.

Kalau tidak bisa paling kita mengakali, namun tidak akan sempurna hasilnya pastinya! Karena memang track audio yang sudah disatukan tidak dimaksudkan untuk dipisahkan kembali, seperti kita mengedit video, sudah disatukan dan diberi label tulisan nama kita, terus orang ingin menghilangkan nama itu dari video tersebut. Nah aplikasi untuk menghilangkan itu tidak ada kan? Paling kita niban video tersebut, dan hasilnya juga tidak akan sebaik kalau kita punya data mentahnya.

Nah kebetulan saya sudah membuat video mengenai hal ini, kita tonton sama-sama yuk video di bawah ini agar teman-teman bisa lebih mendapatkan gambaran lagi mengenai hal ini.



Nah begitu juga dengan audio. Semoga apa yang saya sharingkan bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Kalau begitu kita sudahi dulu artikel mengenai aplikasi menghilangkan suara drum pada lagu ini.

Sampai ketemu di pelajaran-pelajaran lainnya di blog ini. Oh iya, kalau teman-teman merasa mendapat manfaat dari keberadaan blog ini jangan lupa teman-teman sharingkan mengenai keberadaan blog ini sehingga teman-teman yang lain juga bisa ikutan mendapatkan manfaat dari keberadaan blog ini. Salam drummer..






Popular posts from this blog

Belajar Drum Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer, ketemu lagi kita, kali ini kita akan belajar drum ketukan drum lagu Noah Separuh Aku. Tentunya teman-teman sudah tahu kan lagunya seperti apa?

Kebetulan saya barusan sudah membuat videonya, dan di artikel ini saya lebih menjelaskan lewat tulisan. Jadi nanti video yang sudah saya upload juga akan saya embed juga disini. Semoga dengan begitu nanti teman-teman akan menjadi lebih detail dan menjadi lebih jelas lagi.

Dan tentunya sasaran akhirnya adalah teman-teman bisa memainkan lagu tersebut.

Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku Kita lihat dulu yuk not baloknya seperti apa pada gambar di bawah ini,


Kalau teman-teman perhatikan dari gambar not balok di atas, teman-teman akan lihat bahwa saya bagi menjadi dua ketukan. Ketukan yang pertama adalah ketukan yang lebih sederhana dan lebih mudah, sementara ketukan drum yang kedua kita akan memainkan ketukan drum yang lebih rumit.

Ketukan Pertama Lagu Noah Separuh Aku Kalau kita analisa ketukan …

Gimana Menentukan Ketukan Untuk Sebuah Lagu?

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer semuanya di tanah air, ketemu lagi dengan saya Iman Prabawa, kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita. Yuk kita lihat saja langsung pertanyaan dari teman kita itu seperti apa sih pada gambar di bawah ini,


Ini saya copy pastekan di bawah ini ya pertanyaan dari teman kita tersebut,

Selamat Sore menjelang malam all .Izin postingnya admin , mohon pencerahannya saya mau nanya kalau mau buat lagu drummers Harus Tentukan ketukannya kan ?Bagaimana ya caranya Terima kasih sebelumnya all
Nah sekarang saya coba jawab yaa.. Oh iya kebetulan ada artikel terbaru dimana Benny Greb menjelaskan mengenai gimana cara mengisi ketukan dari sebuah lagu yang ingin kita isi drumnya. Silakan bisa membaca di artikel Cara Menentukan Ketukan Pada Lagu Dari Benny Greb.


Membuat Sebuah Lagu Teman-teman tentunya kalau ngeband itu kan ngga sendirian tho ya, dan biasanya kalau teman-teman membuat lagu bersama-sama itu, biasanya lho ini, sepeng…

Apa Itu Trigger Di Permainan Drum?

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer setanah air, kali ini saya mau membahas mengenai apa itu trigger di permainan drum. Kebetulan memang ada yang bertanya mengenai hal ini, jadi saya coba angkat juga ya. Karena memang mengenai trigger ini belum banyak drummer yang mengetahuinya.

Pertanyaannya bagus sekali, jadi bisa menambah wawasan pengetahuan kita juga pada akhirnya. Yuk kita lihat pertanyaan dari teman kita pada gambar di bawah ini,


Ini saya copy pastekan juga pertanyaannya di bawah ini,

[Ask]
Saya mw tanya sedikit nih soal Trigger, sebenarnya apa sih trigger itu? Apa kegunaannya? Kenapa digunakan pada bass drum, trus maksutnya pedal yg sudah ad triggernya itu bgaimana? Bgaimana penggunaan pedal bertrigger trsbut? Mungkin ada yg bisa bntu menjawabnya, sorry kbnykan tanya x nih bkn sdikt :)
Yuk mari kita bahas mengenai drum trigger.


Apa Itu Drum Trigger? Kali ini saya mau menjelaskan, saya coba dengan cara yang mudah ya. Sebelum saya jelaskan yuk kita tonton dulu vide…