Skip to main content

Jual DVD Belajar Drum Subtitle Indonesia

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer, berikut ini adalah daftar dari DVD belajar drum yang saya jual. Yang mana semua DVD yang berada di daftar ini semuanya sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesianya, sehingga teman-teman yang tidak mengerti bahasa Inggris tidak perlu kuatir.


Di klik di daftarnya kalau ingin mengetahui mengenai apa yang dibahas oleh DVD tersebut, karena saya buat satu artikel untuk masing-masing judul DVD yang ada di daftar ini membahas mengenai apa saja sih yang dibahas di DVD tersebut.

Berapa Harganya? Harga 1 DVD-nya adalah Rp 150ribu BELUM termasuk ongkos kirim ya harga ini. Harga ini untuk harga 1 DVD ya bukan harga 1 judul DVD, karena ada beberapa judul yang satu judulnya itu berisi 2 DVD. Jadi kalau satu judul 2 DVD tinggal dikalikan dua saja harganya. Untuk mengetahui apakah setiap judul itu terdiri dari 1 DVD atau 2 DVD silakan diklik di daftarnya ya, di daftar yang ada di bawah ini tiap dari judulnya bisa diklik dan silakan a…

Cara Mentuning Bass Drum

Untuk teman-teman yang berada dan berdomisili di Jakarta dan ingin belajar drum langsung dengan saya, silakan aja. Kebetulan saya membuka kursus drum bertempat di rumah saya di Cempaka Putih Jakarta Pusat. Untuk detail mengenai biaya dan alamatnya, silakan teman-teman bisa mengklik di KURSUS DRUM MURAH JAKARTA ini.
Blog Belajar Musik - Wajib untuk kita para drummer mengerti cara mentuning drum kita, tentunya juga cara mentuning bass drum kita. Nah disini saya akan membahas secara lebih detail bagaimana caranya supaya kita bisa mendapatkan sound bass drum yang kita inginkan pada drumset kita.

Kalau di tulisan saya yang terdahulu, kita sudah membahas mengenai cara mentuning snare drum kita, sekarang saya akan membahas mengenai cara mentuning bass drum kita. Yuk kita belajar..

 

 

Mengenal Bass Drum Kita

Nah sebelum saya masuk ke cara mentuning bass drum kita, sebaiknya kita sedikit mengetahui dulu mengenai bass drum kita. Karena itu ada hubungannya dengan sound yang nanti akan kita dapatkan pada bass drum kita. Pertama kita harus tahu dulu, bass drum kita ukurannya berapa? Karena ukuran ini nanti pengaruhnya juga ke sound. Seperti misalnya bass drum ukuran 18" atau yang lebih parahnya lagi ukuran 16". Bass drum ukuran 16" ini biasanya digunakan oleh para drummer jazz. Nah dari bass drum yang ukuran kecil seperti ini, akan mustahil kita untuk bisa mendapatkan sound kick yang buug, atau jeek. Bisa kalau kita menggunakan yang namanya Yamaha Subkick.

Nah mas Harry Murti pembuat drum dari Indonesia pernah mengatakan kepada saya, bahwa sound drum itu bisa kita bahasakan dengan huruf. Misal untuk bass drum, itu mau suara bass drum B? Big, bug, bek, beg. Atau D? Dig, dug, deg. Atau J? Jek, jik.

Nah mas Harry Murti sendiri lebih tau detailnya lagi, dari kayunya untuk mendapatkan sound J itu harus pake kayu apa. Nah untuk detailnya teman-teman drummer tonton dulu yuk video di bawah ini, mas Harry Murti waktu itu sharing di acara Sunday Drumming di Bogor. Dia salah satunya membahas mengenai drum tuning ini. Nah videonya silakan ditonton dibawah ini..


Dan lanjutannya adalah ke video dibawah ini.


Untuk keseluruhan videonya, teman-teman bisa masuk ke playlist Sunday Drumming di youtube channel saya. Disitu mungkin lebih detail lagi mengenai apa yang dijelaskan oleh mas Harry Murti di dalam kita bisa mendapatkan sound drum yang kita inginkan. Nah kalau itu kan masalah shell dari drumnya ya, saya tidak mau membahas secara detail soal ini. Karena saya mau membahas lebih ke masalah cara mentuning bass drum-nya saja.

 

 

Bass Drum Bolong dan Tidak Bolong


Nah saya masukkan ke artikel cara mentuning bass drum ini karena hal ini juga banyak ditanyakan oleh teman-teman drummer melalui facebook saya. Apa sih bedanya yang bass drum depannya bolong dengan yang tidak bolong? Bedanya hanyalah kalau kita memainkan pedal, yang tidak bolong itu berasa pedal kita lebih mantul ke kaki kita dibandingkan bass drum yang depannya bolong. 

Kalau yang depannya bolong kita bisa 'menancapkan' pedal kita di drumheadnya. Sementara kalau di bass drum yang depannya tidak bolong, kalau pedal kita 'tancapkan' pada bass drumnya maka bunyinya bukan duk, tapi menjadi druuk. Karena ada pantulan disitu. Untuk detailnya yuk kita tonton video di bawah ini..


Nah itu kan kalau dari segi bermainnya. Kalau dari segi soundnya bedanya apa? Bedanya kalau yang tidak bolong depannya akan lebih ada suara 'ng'nya, misal duk. Soundnya ngga akan duk mati gitu tapi lebih 'douug', karena beresonasi dari drumheadnya. 

Kalau yang depannya bolong biasanya cuma duk saja. Ngga ada suara belakangnya 'ouuug'-nya ngga akan ada. Dia hanya dug saja. Lanjut ke cara mentuning bass drum-nya yuk sekarang.

 

 

Cara Mentuning Bass Drum


Sebenarnya sama saja prinsipnya, yaitu pasang tension rodnya, lalu diputar. Beres deh! Nah kemudian muncul pertanyaan, kalau cara mentuning bass drum segampang itu, kok saya susah banget bisa dapat sound bass drum yang saya inginkan? Nah cara mentuning bass drum memang hanya seperti itu saja caranya. Namun untuk tau berapa banyak kita harus memutar, dan perlu ngga kita kasih lakban, atau felt strip, atau busa. Itu semua tergantung dari jam terbang kita nantinya.

Saya beri gambarnya lagi ya di bawah ini, cara memutar tension rodnya hanya menyilang seperti di bawah ini..


Bedanya kalau di bass drum, hanya kita perlu memasukkan busa ke dalam bass drumnya. Bisa busa, bisa kain bekas, bisa bantal. Malah drummer Simon Phillips memakai kaleng cat yang dia masukkan ke dalam bass drumnya untuk dia mendapatkan sound bass drum yang dia inginkan.

Nah jadi itu semua jatuhnya ke jam terbang, seberapa sering kita melatih cara mentuning bass drum kita. Semakin sering kita berlatih, maka kita pun akan semakin cepat dan semakin mengerti. Kita bisa nantinya mendapatkan berbagai sound bass drum dari bass drum kita. Tentunya dengan mengganti dengan drumhead yang berbeda-beda ya.

Kalau teman-teman ingin menggunakan busa di dalam bass drumnya. Saran saya jangan satu lingkaran bass drumnya diberi busa. Karena suara kayunya nanti jadi hilang. Itu saran dari guru saya dulu, Sandy PAS Band. Dan sangat benar saya rasakan. Saya pernah soalnya membusakan seluruh bass drum saya, dan hasil sound drumnya saya sih TIDAK SUKA! 

Tapi ini balik juga ke masalah selera sih. Kalau teman-teman drummer coba dan ternyata teman-teman drummer suka, kenapa tidak? Karena dalam hal cara mentuning drum, hasil sound itu kan murni selera. Jadi ngga ada yang benar dan salah. Kalau hasil soundnya kalian suka? Ya sudah, berarti cara mentuning bass drum kalian tepat guna bagi kalian.

 

 

Video Cara Mentuning Bass Drum


Nah di bawah ini saya tampilkan video cara mentuning bass drum, supaya teman-teman drummer bisa lebih detail lagi memahaminya. Silakan ditonton video di bawah ini.


Berlanjut ke video di bawah ini..


Berlanjut ke video di bawah ini..


Berlanjut ke video di bawah ini..


Dan bagian yang terakhirnya di bawah ini..


Selanjutnya kalau teman-teman ingin mendapatkan materi yang jauh lebih berbobot lagi dari apa yang sudah saya sharingkan di blog belajar drum gratis ini, teman-teman bisa langsung les drum saja dengan saya. Dan untuk teman-teman mengetahui berapa biaya les drumnya dan juga alamatnya dimana, silakan teman-teman bisa mengklik pada link yang saya berikan di bagian awal dari artikel ini.
 
Semoga tulisan cara mentuning bass drum ini bisa bermanfaat bagi teman-teman drummer semuanya.

Popular posts from this blog

Belajar Drum Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer, ketemu lagi kita, kali ini kita akan belajar drum ketukan drum lagu Noah Separuh Aku. Tentunya teman-teman sudah tahu kan lagunya seperti apa?

Kebetulan saya barusan sudah membuat videonya, dan di artikel ini saya lebih menjelaskan lewat tulisan. Jadi nanti video yang sudah saya upload juga akan saya embed juga disini. Semoga dengan begitu nanti teman-teman akan menjadi lebih detail dan menjadi lebih jelas lagi.

Dan tentunya sasaran akhirnya adalah teman-teman bisa memainkan lagu tersebut.

Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku Kita lihat dulu yuk not baloknya seperti apa pada gambar di bawah ini,


Kalau teman-teman perhatikan dari gambar not balok di atas, teman-teman akan lihat bahwa saya bagi menjadi dua ketukan. Ketukan yang pertama adalah ketukan yang lebih sederhana dan lebih mudah, sementara ketukan drum yang kedua kita akan memainkan ketukan drum yang lebih rumit.

Ketukan Pertama Lagu Noah Separuh Aku Kalau kita analisa ketukan …

Tanda Titik Pada Not Balok

Untuk teman-teman yang berada dan berdomisili di Jakarta dan ingin belajar drum langsung dengan saya, silakan aja. Kebetulan saya membuka kursus drum bertempat di rumah saya di Cempaka Putih Jakarta Pusat. Untuk detail mengenai biaya dan alamatnya, silakan teman-teman bisa mengklik diKURSUS DRUM MURAH JAKARTAini. Blog Belajar Musik- Tanda titik pada not balok itu gunanya untuk apa sih? Teman-teman ada yang pernah melihat tanda titik yang berada di belakang sebuah not balok dan kemudian bertanya mengenai apa sih gunanya tanda titik itu? Apakah memang hanya coretan saja yang kebetulan ngga sengaja ketika menulis kemudian jadi ada titiknya gitu not balok tersebut? Atau memang disengaja memang ada tanda titik tersebut?

Nah di tulisan ini kebetulan kita akan membahas mengenai apa sih tanda titik yang berada pada not balok itu dan apa kegunaannya, apakah memang salah titik atau salah tuliskah? Atau memang benar ada kegunaannya?




Mengenal Tanda Titik Pada Not Balok
Kalau kita lihat pada gambar…

Gimana Menentukan Ketukan Untuk Sebuah Lagu?

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer semuanya di tanah air, ketemu lagi dengan saya Iman Prabawa, kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita. Yuk kita lihat saja langsung pertanyaan dari teman kita itu seperti apa sih pada gambar di bawah ini,


Ini saya copy pastekan di bawah ini ya pertanyaan dari teman kita tersebut,

Selamat Sore menjelang malam all .Izin postingnya admin , mohon pencerahannya saya mau nanya kalau mau buat lagu drummers Harus Tentukan ketukannya kan ?Bagaimana ya caranya Terima kasih sebelumnya all

Nah sekarang saya coba jawab yaa.. Oh iya kebetulan saya sudah membuat terjemahan untuk videonya Benny Greb dimana Benny Greb menjelaskan mengenai hal ini.

Video ini saya sendiri yang memberikan terjemahan dan subtitle bahasa Indonesianya, dan teman-teman akan mendapatkan video yang model begini jauh lebih banyak lagi di Grup Khusus saya. Jadi kalau teman-teman memang serius dengan permainan drum kalian, kalian ikutan gabung saja di Gru…