Skip to main content

Jual DVD Belajar Drum Subtitle Indonesia

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer, berikut ini adalah daftar dari DVD belajar drum yang saya jual. Yang mana semua DVD yang berada di daftar ini semuanya sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesianya, sehingga teman-teman yang tidak mengerti bahasa Inggris tidak perlu kuatir.


Di klik di daftarnya kalau ingin mengetahui mengenai apa yang dibahas oleh DVD tersebut, karena saya buat satu artikel untuk masing-masing judul DVD yang ada di daftar ini membahas mengenai apa saja sih yang dibahas di DVD tersebut.

Berapa Harganya? Harga 1 DVD-nya adalah Rp 150ribu BELUM termasuk ongkos kirim ya harga ini. Harga ini untuk harga 1 DVD ya bukan harga 1 judul DVD, karena ada beberapa judul yang satu judulnya itu berisi 2 DVD. Jadi kalau satu judul 2 DVD tinggal dikalikan dua saja harganya. Untuk mengetahui apakah setiap judul itu terdiri dari 1 DVD atau 2 DVD silakan diklik di daftarnya ya, di daftar yang ada di bawah ini tiap dari judulnya bisa diklik dan silakan a…

Gimana Menentukan Ketukan Untuk Sebuah Lagu?

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer semuanya di tanah air, ketemu lagi dengan saya Iman Prabawa, kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita. Yuk kita lihat saja langsung pertanyaan dari teman kita itu seperti apa sih pada gambar di bawah ini,

Gimana Menentukan Ketukan Untuk Sebuah Lagu?

Ini saya copy pastekan di bawah ini ya pertanyaan dari teman kita tersebut,

Selamat Sore menjelang malam all .Izin postingnya admin , mohon pencerahannya saya mau nanya kalau mau buat lagu drummers Harus Tentukan ketukannya kan ?Bagaimana ya caranya Terima kasih sebelumnya all
 
Nah sekarang saya coba jawab yaa.. Oh iya kebetulan saya sudah membuat terjemahan untuk videonya Benny Greb dimana Benny Greb menjelaskan mengenai hal ini.

Video ini saya sendiri yang memberikan terjemahan dan subtitle bahasa Indonesianya, dan teman-teman akan mendapatkan video yang model begini jauh lebih banyak lagi di Grup Khusus saya. Jadi kalau teman-teman memang serius dengan permainan drum kalian, kalian ikutan gabung saja di Grup Khusus saya. Gimana cara gabungnya? Silakan teman-teman bisa KLIK DI SINI untuk mengetahui detail cara bergabungnya.


Dan kalau teman-teman ingin ada video yang ingin saya buatkan terjemahan bahasa Indonesianya seperti video yang ada di atas, teman-teman bisa menghubungi saya dan membaca detailnya di ARTIKEL INI. Saya kebetulan menerima jasa menerjemahkan video.

Membuat Sebuah Lagu

Teman-teman tentunya kalau ngeband itu kan ngga sendirian tho ya, dan biasanya kalau teman-teman membuat lagu bersama-sama itu, biasanya lho ini, sepengalaman saya, itu dimulai entah dari gitaris atau dari keyboardist, biasanya sih bukan dari drummer duluan. Kecuali kalau lagunya itu lagu instrumental.

Apa itu lagu instrumental? Lagu instrumental adalah lagu yang ngga ada vokalnya, jadi murni alat musik aja semua disitu, jadi biasanya tidak ada lirik lagunya lagu-lagu instrumental itu.

Nah kalau kita membuat sebuah lagu, sang gitaris membuat chordnya dulu, entah dia tiba-tiba nemu dan kemudian terpikirkan ide seperti itu, baru kemudian dia sharingkan kepada teman-temannya yang lain. Eh gue punya lagu baru nih, dengarin deh, enak ngga menurut loe? Biasanya sih prosesnya seperti itu.

Ketika teman-teman yang lain mendengarkan lagu tersebut dan berkata kalau lagu tersebut enak, barulah kemudian mereka coba rampungkan lagu tersebut. Entah mereka ke studio untuk sewa studio dan kemudian memikirkan nanti gimana nih ngisi bassnya, kemudian gimana nih ngisi vokalnya, biasanya sih sebelum masuk ke studio, mereka sudah selesaikan dulu liriknya, karena kalau liriknya belum mereka selesaikan dulu dan masuk ke studio, bisa-bisa lama banget kelarnya itu lagu.


Menentukan Ketukan Sebuah Drum

Yang dimaksud pertanyaan dari teman kita itu sepertinya gimana ketukan drumnya nih ya? Bukan menentukan tempo dari sebuah lagu itu gimana ya? Karena kalau menentukan tempo dari sebuah lagu itu sangat mudah.


Cara Menentukan Tempo Dari Sebuah Lagu

Kalau cara menentukan tempo dari sebuah lagu, tinggal gunakan aja metronome. Biasanya di metronome ada fasilitas yang namanya tap tempo, tinggal kita gunakan aja fasilitas tap tempo tersebut dan kemudian kita akan langsung mengetahui berapa sih tempo dari lagu yang ingin kita ketahui temponya tersebut.

Tapi sepertinya pertanyaannya bukan itu, jadi sekarang kita bahas mengenai gimana sih membuat ketukan yang pas untuk lagu tersebut, ketukan yang bagaimana? Saya biasanya mendapatkan pertanyaan ini dari para drummer pemula yang baru saja belajar drum.

Biasanya memang mereka bertanya mengenai hal itu, ini saya sharingkan ngga bisa semuanya tercover dengan baik ya, karena ada hal-hal yang tidak bisa dijelaskan hanya dengan tulisan saja. Harus dijelaskan dengan langsung dicontohkan, jadi memang lebih baik kalau teman-teman memang punya seorang guru.

Kalau teman-teman berada di Jakarta, teman-teman bisa les drum langsung saja dengan saya, dan nanti akan bisa langsung saya contohkan langsung di drumsetnya, sehingga teman-teman akan bisa mendapatkan gambaran secara langsung. Karena memang hal seperti ini menurut saya tidak bisa dijelaskan dengan baik hanya melalui tulisan saja, yang ada nanti teman-teman akan salah mengartikannya.

Nah kalau teman-teman berada di Jakarta, dan ingin les drum dengan saya, silakan bisa membacanya langsung di TEMPAT LES DRUM IMAN PRABAWA ini, dimana disitu saya menjelaskan secara mendetail mengenai berapa sih biayanya kalau teman-teman ingin les drum dengan saya, dan juga alamat lengkapnya dimana sih.

Balik lagi ke pembahasan kita mengenai gimana membuat ketukan dari sebuah lagu.


Membuat Ketukan Dari Sebuah Lagu

Kalau saya sih, biasanya murid saya akan saya latih terlebih dahulu dasar-dasar ketukan dengan baik. Latih itu dengan baik sehingga nanti teman-teman ketika ngeband dan mendapati gitaris dari teman-teman mempunyai sebuah lagu, akan gampang saja kemudian mendapatkan ide untuk mengisi drumnya seperti apa.

Memang harus berimajinasi ketika kita sudah membuat ketukan dari sebuah lagu. Tentunya imajinasi ini juga harus ditunjang dengan kemampuan memainkan drum dengan baik, karena saya punya murid yang jago banget imajinasinya, ketika diberi kunci gitar yang ini, dia langsung kebayang ntar ngisi drumnya seperti ini. Tapi ketika dia mencoba memainkan apa yang ada dibayangannya, dia sama sekali tidak bisa memainkannya.

Mungkin analogi ini sama dengan menggambar, kita punya gambaran saya ingin menggambar sebuah kapal pesawat antariksa yang keren, nanti di bagian ininya ada ruangan ini, dan di bagian yang lain ada ruangan yang lain juga, tapi ketika kita mulai mewujudkannya ke dalam lukisan, apa yang ada di otak kita sama sekali tidak bisa kita wujudkan.


Gimana Kalau Kita Ngga Ada Bayangan Sama Sekali?

Kalau kita ngga ada bayangan sama sekali, mungkin karena kita memang masih sangat pemula sekali, dan biasanya saya selalu menekankan kepada murid saya untuk melatih dasar-dasar ketukan dengan baik terlebih dahulu. Setelah bisa, mulai belajar berimajinasi, coba mainkan apa yang ada di otak kamu, ketukan apa pun yang ada di otak kamu. Coba dinyanyikan pake mulut aja dulu, kalau sudah bisa baru kemudian dimainkan di drum setnya.

Kalau sudah menguasai banyak ketukan seharusnya sih bisa mengkhayal untuk membuat ketukan dari sebuah lagu. Kalau ternyata teman-teman tetap ngga bisa, sepertinya teman-teman ngga berbakat di musik deh, dan mendingan ngga usah main musik saja. Karena memang disini yang namanya peran bakat, sama seperti orang yang melawak.

Ini dia bagian tersulitnya dan di sini peran bakat sangat amat menentukan. Bisa belajar jungkir balik tapi kalau pada akhirnya ketika sudah mencipta tidak ada kepikiran sama sekali memang bisa jadi teman-teman tidak berbakat di musik sampai untuk mengkhayal saja tidak kepikiran sama sekali, seperti pelawak. Pelawak yang berbakat ketika ditaruh di situasi dimana dia harus melawak secara spontan, maka idenya akan keluar begitu saja, dan ketika ditanya kok bisa sih keluar ide melawak seperti itu? Pasti jawabannya adalah, ngga tahu! Keluar aja gitu! Nah itu namanya bakat, sementara pelawak yang tidak berbakat, dia akan diam mungkin selama 5 atau 10 menit berpikir dulu baru kemudian dia punya ide.

Nah masih bisa diakalin buat yang ngga punya bakat dengan latihan yang banyak, nanti akan punya bayangan sendiri untuk gimana membuat ketukan untuk sebuah lagu. Kalau sudah berlatih 10 jam setiap hari selama 1 tahun tapi tetap tidak bisa juga membayangkan ketukan drum untuk sebuah lagu, menurut saya mendingan teman-teman ngga usah bermain drum deh, karena sepertinya teman-teman tidak mempunyai bakat di musik.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai gimana menentukan ketukan untuk sebuah lagu. Semoga bisa bermanfaat ya apa yang saya sharingkan ini. Sampai ketemu lagi dan salam drummer!


Baca juga:
  1. Cara Tetap Bermain Drum Tanpa Mengganggu Orang Lain
  2. Apakah Drummer Terbaik Harus Pintar Double Pedal?
  3. Apa Itu Trigger?

Popular posts from this blog

Belajar Drum Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer, ketemu lagi kita, kali ini kita akan belajar drum ketukan drum lagu Noah Separuh Aku. Tentunya teman-teman sudah tahu kan lagunya seperti apa?

Kebetulan saya barusan sudah membuat videonya, dan di artikel ini saya lebih menjelaskan lewat tulisan. Jadi nanti video yang sudah saya upload juga akan saya embed juga disini. Semoga dengan begitu nanti teman-teman akan menjadi lebih detail dan menjadi lebih jelas lagi.

Dan tentunya sasaran akhirnya adalah teman-teman bisa memainkan lagu tersebut.

Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku Kita lihat dulu yuk not baloknya seperti apa pada gambar di bawah ini,


Kalau teman-teman perhatikan dari gambar not balok di atas, teman-teman akan lihat bahwa saya bagi menjadi dua ketukan. Ketukan yang pertama adalah ketukan yang lebih sederhana dan lebih mudah, sementara ketukan drum yang kedua kita akan memainkan ketukan drum yang lebih rumit.

Ketukan Pertama Lagu Noah Separuh Aku Kalau kita analisa ketukan …

Tanda Titik Pada Not Balok

Untuk teman-teman yang berada dan berdomisili di Jakarta dan ingin belajar drum langsung dengan saya, silakan aja. Kebetulan saya membuka kursus drum bertempat di rumah saya di Cempaka Putih Jakarta Pusat. Untuk detail mengenai biaya dan alamatnya, silakan teman-teman bisa mengklik diKURSUS DRUM MURAH JAKARTAini. Blog Belajar Musik- Tanda titik pada not balok itu gunanya untuk apa sih? Teman-teman ada yang pernah melihat tanda titik yang berada di belakang sebuah not balok dan kemudian bertanya mengenai apa sih gunanya tanda titik itu? Apakah memang hanya coretan saja yang kebetulan ngga sengaja ketika menulis kemudian jadi ada titiknya gitu not balok tersebut? Atau memang disengaja memang ada tanda titik tersebut?

Nah di tulisan ini kebetulan kita akan membahas mengenai apa sih tanda titik yang berada pada not balok itu dan apa kegunaannya, apakah memang salah titik atau salah tuliskah? Atau memang benar ada kegunaannya?




Mengenal Tanda Titik Pada Not Balok
Kalau kita lihat pada gambar…