Skip to main content

Posts

Showing posts from November, 2016

Jual DVD Belajar Drum Subtitle Indonesia

Belajar Drum Iman Prabawa - Halo teman-teman drummer, berikut ini adalah daftar dari DVD belajar drum yang saya jual. Yang mana semua DVD yang berada di daftar ini semuanya sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesianya, sehingga teman-teman yang tidak mengerti bahasa Inggris tidak perlu kuatir.


Di klik di daftarnya kalau ingin mengetahui mengenai apa yang dibahas oleh DVD tersebut, karena saya buat satu artikel untuk masing-masing judul DVD yang ada di daftar ini membahas mengenai apa saja sih yang dibahas di DVD tersebut.

Berapa Harganya? Harga 1 DVD-nya adalah Rp 150ribu BELUM termasuk ongkos kirim ya harga ini. Harga ini untuk harga 1 DVD ya bukan harga 1 judul DVD, karena ada beberapa judul yang satu judulnya itu berisi 2 DVD. Jadi kalau satu judul 2 DVD tinggal dikalikan dua saja harganya. Untuk mengetahui apakah setiap judul itu terdiri dari 1 DVD atau 2 DVD silakan diklik di daftarnya ya, di daftar yang ada di bawah ini tiap dari judulnya bisa diklik dan silakan a…

Permainan Drum Saya Monoton, Apa Yang Salah?

Kali ini saya mau menjawab lagi pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya melalui facebook. Langsung saja yuk kita baca pertanyaannya di bawah ini,


Kalau saya copy pastekan pertanyaannya di bawah ini,

Selamat malem teman2, maaf ganggu, sharing sedikit boleh yaa.. Gua saat2 ini lg berasa stuck banget sama sticking yg berujung kebosenan sama main drum. Fill saat bermain gitu2 aja. Yaa.. Berasa segitu2 aja ga ada peningkatan, apa cara berlatih nya yg salah?
Bisa tolong share juga ya pengalaman nya dan metode sticking yg baik dan benar..
Thankyou so much master..
Nah saya coba jawab ya pertanyaan dari teman kita ini, semoga bisa menjawab dan juga bisa memberikan ide juga untuk teman-teman yang lain yang mengalami hal yang sama seperti yang dialami oleh teman kita tersebut.


Ada Yang Salahkah Dengan Cara Latihan Saya? Nah kalau pertanyaannya seperti ini, saya harus jawab iya! Ada yang salah dengan cara latihannya. Apa yang salah? Kita kupas yuk di artikel kali ini salahnya apa dari …

Kalau Pakai Sarung Tangan Saat Bermain Drum, Pengaruh Ke Motion Tidak?

Halo teman-teman, kali ini saya ingin menjawab lagi pertanyaan dari teman kita yang ditanyakan melalui facebook. Kita langsung saja lihat yuk pertanyaan dari teman kita tersebut pada gambar di bawah ini,


Sekalian saya copy pastekan juga ya pertanyaan dari teman kita tersebut di bawah ini,

#ask
Kalau pakai sarung tangan untuk main drum, pengaruh ke motion tidak ya? Terima kasih

Nah yuk sekarang saya coba untuk menjawab pertanyaan dari teman kita tersebut berdasarkan pengalaman saya. Semoga bisa menjawab dan juga bisa bermanfaat juga ya untuk teman-teman drummer yang lain.


Drummer Menggunakan Sarung Tangan Banyak kalau perhatikan drummer yang menggunakan sarung tangan ketika dia memainkan drum seperti misalnya Aquiles Priester, Matt Sorum dan drummer yang lainnya lagi, saya ngga hafal semua drummer. Nanti pasti teman-teman juga akan menemukan drummer lain yang kalau manggung dia menggunakan sarung tangan.

Kalau saya sendiri kurang suka kalau menggunakan sarung tangan ketika bermain drum,…

Kaki Tidak Bisa Dikontrol Ketika Bermain Double Pedal, Apa Solusinya?

Halo teman-teman, kali ini saya mau menjawab lagi salah satu pertanyaan dari teman kita yang ditanyakan melalui facebook. Yuk mari langsung saja kita lihat pertanyaan dari teman kita itu seperti apa pada gambar di bawah ini,


Saya sekalian copy pastekan pertanyaan dari teman kita di bawah ini ya,

mf menganggu abg" sekalian.minta tips dan sarannya ni.
sya ingin belajar double pedal,kok pas main double pedal kaki.tidak bisa mengontrol jdi kalo maen single stroke dikaki.mlah jdi dua" saling injak-_-.mhon tipsnya-_-

Nah sekarang saya akan coba menjawab pertanyaan dari teman kita tersebut ya, semoga bisa memberikan ide juga dan bisa bermanfaat untuk teman-teman yang lain yang kebetulan membaca tulisan saya ini.


Latihan Double Pedal Mulai Dari Tempo Lambat  Nah ini biasanya terjadi karena tidak mau bersabar, kalau mau bersabar latihannya dan mulai dulu dari tempo yang lambat kemudian perlahan-lahan temponya dinaikkan, dan tidak langsung terus naik. Saya sendiri biasanya untuk naik t…

Cara Melatih Ketahanan Dalam Bermain Drum

Halo teman-teman kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya di salah satu group drummer yang ada di facebook. Nah mari kita baca yuk pertanyaan dari teman kita di bawah ini,


Kalau saya simpulkan dari pertanyaannya dia, dia bertanya mengenai gimana sih bisa punya stamina yang tahan lama dalam bermain drum? Yuk mari kita bahas mengenai hal ini dan semoga apa yang saya sharingkan dan menjawab pertanyaan dari teman kita ini bisa bermanfaat dan tentunya bisa menjawab pertanyaan teman kita tersebut.


Cara Melatih Ketahanan Dalam Bermain Drum Memang ketahanan menjadi sangat penting kalau kita bermain drum sangat sering. Seperti teman-teman yang memang punya jadwal reguler bermain di cafe misalnya. Mereka main di situ kan tidak hanya 2 atau 3 lagu saja, tapi bisa 3 jam, walau misalnya ada dibagi menjadi beberapa sesi.

Jadi ketahanan itu penting sekali untuk drummer yang memang sering main reguler seperti itu, atau memang sering manggung di event-event yang …

Tanpa Les Drum Apa Bisa Berkembang?

Halo teman-teman drummer dimanapun kalian berada, kali ini saya mau menjawab lagi pertanyaan dari teman kita. Kita langsung lihat aja yuk pertanyaan dari teman kita tersebut,


Nah teman kita tersebut mengalami keterbatasan buat les drum, oleh karena itu dia bertanya, apakah tanpa les drum apa bisa berkembang? Nah saya coba menjawab berdasarkan pengalaman saya ya. Kebetulan saya juga sudah pernah membuat videonya juga, jadi nanti teman-teman bisa menyimak jawaban saya bisa melalui tulisan ataupun bisa melalui video di bawah ini,



Itu tips dari saya untuk teman-teman yang memang memilih cara belajar secara otodidak, agar tetap bisa berkembang dengan baik. Tapi saya akan juga coba menjelaskan di sini dalam bentuk tulisan juga ya.


Cari Bahan Yang Bermutu Nah memang kalau kita tidak les drum kita memang harus ekstra mencari dan ekstra di dalam berusaha, khususnya di dalam mencari materi yang akan kita pelajari. Dan saran saya ketika teman-teman mencari bahan dan materi untuk teman-teman lat…

Belajar Otodidak Bisakah Menjadi Drummer Beneran?

Halo teman-teman, kali ini saya ingin menjawab lagi pertanyaan yang dilontarkan oleh teman kita. Langsung aja yuk kita lihat pertanyaan dari teman kita pada gambar di bawah ini,


Sekarang saya coba menjelaskan dan menjawab pertanyaan dari teman kita ini ya, semoga jawaban saya ini bisa menjawab dan juga bisa bermanfaat untuk teman-teman drummer lain yang mempunyai pertanyaan yang sama dengan teman kita ini.

Video yang bisa ditonton,


Seperti itu kira-kira sedikit sharing dari saya untuk teman-teman tetap bisa belajar drum otodidak secara benar dan tepat guna serta juga efisien dan bisa mengurangi proses buang-buang waktunya, walaupun memang kalau kita sudah berbicara mengenai belajar drum secara otodidak atau belajar drum secara sendirian, sudah bisa dipastikan bahwa kita pasti akan lebih banyak menghabiskan waktu kita ketimbang kalau kita langsung les drum dengan seseorang.

Tapi juga kalau teman-teman memutuskan untuk les drum dengan seseorang, perlu juga untuk mengetahui apakah guru …

Stick Drum Yang Enteng Tapi Kuat

Kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya mengenai stick drum yang enteng tapi kuat itu mereknya apa? Teman-teman bisa membaca pertanyaan dari teman kita yang diajukan di salah satu group drummer yang ada di facebook di bawah ini,


Nah saya copy pastekan ya pertanyaan dari teman kita tersebut di bawah ini,

permisi master2 drumer mau tanya , kalau stick drum yang enteng , tapi kuat merk apah yah ? tolong kasih masukan yah master2 drumer , thx
Sekarang saya coba jawab ya pertanyaan dari teman kita ini, semoga bisa menjawab pertanyaannya dan bisa bermanfaat untuk teman-teman drummer yang lain juga.


Stick Drum Yang Enteng Tapi Kuat Masalah kuat ini sebenarnya relatif ya, tergantung gimana kita memukulnya lho. Kalau memang power kita dalam memukul kita kuat dan juga teknik memukul kita salah maka stick drum kita pun akan lebih cepat untuk patah.

Sementara kalau kita tahu teknik memukul dengan benar sehingga kita bisa mendapatkan power yang besar dengan t…

Tips Biar Ngga Pegal Dalam Bermain Double Pedal

Kali ini saya mau menjawab salah satu pertanyaan dari teman kita yang ditanyakan melalui facebook. Dia bertanya di salah satu group drummer yang ada di facebook. Kita baca yuk pertanyaan dari teman kita di bawah ini,


Nah sekarang saya coba jawab ya berdasarkan pengalaman saya dalam bermain drum, semoga bisa menjawab dan juga bisa bermanfaat untuk teman-teman drummer yang lainnya.


Mulai Dari Tempo Yang Lambat Dulu Nah kalau saya sendiri di dalam berlatih double pedal itu memulainya dari tempo yang lambat terlebih dahulu. Kalau memang mau presisi, gunakanlah metronome, dan biasanya saya menggunakan timer yang saya set misalnya 5 menit. Jadi selama 5 menit saya akan melatih double tertentu, misalnya double pedal not 1/16 selama 5 menit, atau bisa juga diset selama 10 menit. Tapi kalau memang masih awal sekali dan baru latihan banget, set dulu aja di 5 menit, karena biasanya kalau langsung di set di 10 menit nanti pasti cape.

Semua butuh proses memang, sama seperti kalau kita lagi bermai…

Perbedaan Ukuran Pedal Drum

Kali ini saya mau sharing mengenai perbedaan ukuran pedal drum. Kali ini saya juga jadi belajar lagi, karena jujur untuk hal ini saya ngga tahu, dan kebetulan ada yang bertanya di salah satu forum drummer yang ada di facebook. Kita lihat saja yuk pertanyaan dari teman kita tersebut di sana, sekalian untuk saya juga menambah ilmu baru ini,


Saya copy pastekan ya pertanyaan dari mas Ade di bawah ini,

Pagi master..... Mau tanya2 dikit, apakah ada perbedaan ukuran baik panjang dan lebar suatu pedal ( misal : pearl eliminator,dw,yamaha dll ) yg di jual untuk pasar eropa dan sekitarnya dngn pedal untuk pasar asia,...?? Terima kasih,


Perbedaan Ukuran Pedal Sebuah Drum Dan untuk jawabannya teman-teman bisa membacanya di bawah ini, saya copy pastekan ya,

Iwan Sentosa Kismaraharja Sama.
Tidak ada beda nya.
Semoga membantu.
Like · Reply · 1 · 10 hrs
Hide 11 Replies
Aade Ajadeh
Aade Ajadeh sempet berfikir beda ukuran,koh... sya liat drummer2 luar saat melakukan heel and toe, kakinya kok ckup, mng…

Latihan Rudiment Drum Dipukulkan Ke Kaki Apa Pengaruhnya?

Kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari teman kita yang bertanya mengenai kalau latihan rudiment drum dipukulkan ke kaki apa pengaruhnya? Yuk mari kita lihat pertanyaan dari teman kita tersebut di bawah ini,


Pertanyaannya saya copy pastekan juga ya di bawah ini,

Permisi senior2 IDI, saya mau curhat sedikit. Jadi sebelumnya saya nggak punya drum atau drumpad. Kalo di rumah sticking dipukulkan ke kaki. Apakah itu berpengaruh apabila saya bermain drum langsung? Terimakasih
Yuk sekarang saya coba jawab pertanyaan dari teman kita ya..


Latihan Rudiment Drum Nah kalau teman-teman latihan rudiment drum kan biasanya menggunakan pad drum ya, atau bisa juga kita langsung latihan rudiment di drum setnya langsung, biasanya sih kita lakukan di snare drum kita memainkan dan melatih rudiment yang ingin kita latih.

Lalu kalau misalnya kita tidak mempunyai pad drum, dan kita lakukan di kaki kita ada pengaruhnya ngga ke permainan drum kita? Ada! Kaki kita jadi sakit! Hihihi kriuk kriuk, pastinya kaki…

Pengalaman Memotong Cymbal Sobek

Kali ini saya mau sharing pengalaman memotong cymbal sobek yang pernah saya lakukan. Kebetulan ada juga yang bertanya mengenai hal ini di salah satu forum drummer yang ada di facebook, dan saya pikir saya sharing pengalaman saya deh ketika saya dulu punya studio rental di Bogor. Kalau kita punya studio, tentunya kita akan banyak mengalami cymbal yang sobek, sobek karena pemakaian oleh yang ngerental. Dan hal ini adalah termasuk hal yang wajar saja.

Nah kita lihat dulu yuk pertanyaan dari salah satu teman kita di group drummer yang ada di facebook di bawah ini,


Teman-teman bisa ikuti pembahasan mengenai pengalaman memotong cymbal sobek dari teman-teman yang lain disini. Ini saya copy pastekan obrolan di sana ya, kalau mau baca sendiri langsung di klik aja link yang saya berikan tersebut,

Widi Yulianto up
Like · Reply · 5 hrs
Danank Blythe
Danank Blythe Mesin bubut bisa , gerinda bisa , tapi saya kemarin coba pake gunting besar itu bisa mas Dedy Bahar , habis itu di amplas pakai kertas…

Apa Saya Bisa Bermain Drum?

Kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang kebetulan bertanya ke saya melalui sms. Yuk kita langsung lihat saja pertanyaannya di bawah ini,


Kalau saya tulis di sini pertanyaannya,

Asallamuallaikum.. pak iman yang terhormat..
Apa saya bisa maen drum. Tpi hanya pingin bisa aja. Soal nya terkadang temen" saya yang di rumah suka maen drum. Tpi hanya bisa" aja. Dan saya mau mengantikanya. Tpi saya belum bisa maen drum..

Nah kemudian saya akan jawab ya  pertanyaan dari teman kita tersebut.


Apa Saya Bisa Bermain Drum? Saya mau sekalian menjawab pertanyaan yang mirip dengan pertanyaan seperti ini ya, karena banyak juga yang bertanya ke saya, seperti, "Apa saya bisa bermain drum? Karena umur saya sudah termasuk tua." Pertanyaan seperti ini juga sering ada ditanyakan ke saya. Jadi saya akan coba jawab ya, semoga jawaban saya ini bisa menjawab yaa..

Jawabannya adalah bisa! Asal, tapi ada asalnya nih, karena ada persyaratannya lho. Apa persyaratannya?…

Lebih Baik Belajar Otodidak Atau Les Drum?

Kali ini saya mau menjawab pertanyaan mengenai lebih baik belajar otodidak atau les drum? Kebetulan pertanyaan ini ditanyakan oleh teman kita di salah satu group drum yang ada di facebook. Kita lihat yuk pertanyaannya di bawah ini,


Dan saya perhatikan banyak sekali pertanyaan mengenai ini, mana sih yang lebih baik? Otodidak atau les drum? Kemudian kekurangan dan kelebihannya itu apa? Yuk mari kita bahas dan saya coba jawab ya pertanyaan dari teman kita tersebut.


Cara Manusia Belajar Saya akan membahas terlebih dahulu ya cara manusia belajar. Karena dari sini nanti teman-teman akan lebih mudah untuk melihat dan membandingkan sendiri mana yang lebih baik, belajar otodidak atau les drum.

Cara manusia belajar itu sebenarnya cuma ada dua cara. Cara yang pertama adalah coba sendiri, jadi di cara yang pertama itu kita belajarnya sendiri, tanya sana tanya sini, kalau ada yang bisa ditanya bagus, kalau ngga ada yang bisa ditanya ya kita nyari tahu sendiri. Bayangin deh zaman-zaman dahulu wakt…

Bisa Drum Karena Meniru Vs Bisa Drum Karena Les Drum

Kali ini saya mau menjawab pertanyaan lagi dari salah satu teman kita yang bertanya di salah satu forum drummer yang ada di facebook. Dia bertanya apa sih bedanya antara orang yang bisa drum karena meniru dengan orang yang bisa drum karena dia les drum? Apakah kita bisa melihat bedanya? Kira-kira seperti itu maksud pertanyaannya, dan ini saya skrinsutkan pertanyaan dari teman kita tersebut,


Saya akan bahas dulu mengenai bakat versus les drum, ini biasanya banyak orang yang berbakat kemudian jadi meremehkan yang namanya les drum.


Apakah Bakat Itu Penting? Banyak yang bertanya seperti ini, bakat itu penting ngga sih? Saya harus jawab sekarang ini berdasarkan pengalaman saya, IYA! Bakat itu sangat penting! Dulu saya tidak beranggapan bakat itu penting, yang terpenting adalah kerja keras dan latihan yang giat, tapi setelah lama saya baru sadar bahwa bakat itu penting.

Kenapa bakat itu penting? Bakat itu penting karena ini bisa menjadi sesuatu yang akan memandu kita nanti di dalam hal yan…

Les Drum Di 3 Guru Yang Berbeda Akankah Mempengaruhi Permainan Drum Saya?

Kali ini saya mau menjawab pertanyaan lagi, pertanyaan ini dari salah satu teman kita yang ditanyakan melalui salah satu forum drummer yang ada di facebook. Yuk kita baca pertanyaan dari teman kita tersebut di bawah ini,

Mau tanya! Saya pernah les drum, di tiga guru yg berbeda, apa itu akan mempengaruhi, cara bermain drum saya?
Masalah nya, ilmu yg mereka berikan berbeda-beda!? Gmna tuh, mas?


Nah yuk kita bahas pertanyaan dari teman kita tersebut.


Guru Drum Pertama saya mau membahas mengenai guru drum terlebih dahulu ya, sebelum kita langsung menjawab pertanyaan dari teman kita tersebut. Guru drum itu banyak macamnya, karena tiap orang kan cara ngajarnya berbeda, dan juga style permainan mereka juga belum tentu sama. Terus gimana dong cara kita memilih guru drum?

Teman-teman bisa membaca di bukunya Roy Burns yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia berjudul Panduan Menjadi Drummer Profesional. Di situ dia menjelaskan gimana memilih guru drum yang bagus. Jelas dan detail penjelasan dia…

Merek Drum Yang Langsung Enak

Kali ini saya mau menjawab lagi pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya mengenai merek drum yang langsung enak. Dia kebetulan bertanya, merek drum apa sih yang drum head bawaannya itu langsung dapat yang bagus, dan langsung enak untuk dimainkan. Ini kita lihat dulu yuk pertanyaannya dia di bawah ini,


Nah sekarang saya jawab ya pertanyaan dari teman kita ini.


Merek Drum Yang Langsung Enak Jadi dia bertanya drum merek apa yang kalau kita beli, kita ngga harus ganti drum headnya karena drum head bawaannya sudah enak. Ini sebenarnya untuk menjelaskan ini bisa menjadi sebuah artikel yang panjang, tapi ngga papa akan saya coba jelaskan satu per satu ya sesingkat mungkin.

Untuk sebuah drum itu enak dimainkan, tentunya harus dituning dengan baik terlebih dahulu. Kebetulan gimana cara tuning ini saya sudah membuat artikelnya di artikel saya yang berjudul Tips Dalam Tuning Snare Drum, yang mana ini prinsipnya bisa diterapkan untuk mentuning bagian drum yang lain, yang ngga cuma sna…

Snare Drum Yang Bagus Merek Apa?

Kali ini saya ingin menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya di salah satu forum drummer yang ada di facebook. Kita langsung lihat saja yuk pertanyaan dari teman kita di bawah ini,


Pertanyaan seperti ini saya rasakan dan saya perhatikan banyak sekali lho ditanyakan sama para drummer yang biasanya baru saja memulai belajar drum. Yuk kita bahas pertanyaan dari teman kita ini.


Snare Drum Apa Yang Bagus? Wajar ketika kita baru masuk ke suatu hal yang baru muncul pertanyaan seperti ini. Hal ini ngga hanya terjadi di drum saja, tapi juga di hal lain selalu juga terjadi. Seperti misalnya kita mau beli komputer atau mau beli laptop, pasti pertanyaan kita adalah, "Merek laptop yang bagus itu apa?" atau "Merek handphone yang bagus itu apa?" Wajar ya pertanyaan seperti ini, karena memang kita ngga tahu, dan biasanya memang kita baru saja masuk ke dunia tersebut.

Saya akan kasih gambaran untuk teman-teman yang memang penasaran dan selalu bertanya merek sna…

Sewa Studio Untuk Latihan Drum Di Jakarta

Halo teman-teman, kali ini saya ingin menjawab pertanyaan dari teman kita yang bertanya melalui youtube saya. Dia bertanya di salah satu video saya yang saya upload di youtube channel saya. Kita lihat di bawah ini yuk pertanyaan dari teman kita tersebut,


Dia bertanya kalau ngga punya drum itu gimana latihannya. Dan pertanyaan yang kedua itu adalah sewa studio untuk latihan drum di Jakarta Barat itu dimana? Mari kita jawab yuk pertanyaan dari teman kita tersebut.


Belajar Drum Tanpa Drum Saya sudah pernah membuat videonya mengenai belajar drum tanpa drum, jadi kita memang bisa berlatih tanpa kita mempunyai drum, walau memang sangat lebih baik lagi kalau kita mempunyai drum di rumah kita.

Kita tonton langsung aja yuk video saya di bawah ini,


Kalau teman-teman berada di Jakarta, dan ingin belajar drum langsung dengan saya, kebetulan memang saya membuka kursus drum bertempat di rumah saya. Untuk detail mengenai berapa biayanya dan juga alamatnya dimana, silakan teman-teman bisa mengklik d…