Belajar Drum Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi kita, kali ini kita akan belajar drum ketukan drum lagu Noah Separuh Aku. Tentunya teman-teman sudah tahu kan lagunya seperti apa?

Kebetulan saya barusan sudah membuat videonya, dan di artikel ini saya lebih menjelaskan lewat tulisan. Jadi nanti video yang sudah saya upload juga akan saya embed juga disini. Semoga dengan begitu nanti teman-teman akan menjadi lebih detail dan menjadi lebih jelas lagi.

Belajar Drum Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku

Sebelum kita masuk topiknya, kalian bisa support saya dengan SUBSCRIBE di YouTube channel saya, Belajar Drum Iman, dengan KLIK DI SINI.

Dan buat kalian yang ingin mengikuti pelajaran drum dari saya, kalian bisa KLIK DI SINI. Di situ kalian akan menemukan seri Belajar Drum Pemula saya dan juga video-video pelajaran drum dari para drummer handal yang sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesia dan bisa kalian dapatkan di sana.

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini. 


Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku

Saya contohkan memainkannya di drum ya sebelum kita lihat not baloknya.

Kita lihat dulu yuk not baloknya seperti apa pada gambar di bawah ini,

Belajar Drum Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku


Kalau teman-teman perhatikan dari gambar not balok di atas, teman-teman akan lihat bahwa saya bagi menjadi dua ketukan. Ketukan yang pertama adalah ketukan yang lebih sederhana dan lebih mudah, sementara ketukan drum yang kedua kita akan memainkan ketukan drum yang lebih rumit.

Lalu kemudian di bagian song-nya, ini saya juga contohkan memainkannya di drum. Mari kita tonton videonya di bawah ini.

Nanti, di artikel lanjutan dari ini baru kita akan membahas not baloknya dari apa yang saya mainkan pada video di atas ya.

Ketukan Pertama Lagu Noah Separuh Aku

Kalau kita analisa ketukan yang pertama itu, pertama-tama yang harus teman-teman biasakan terlebih dahulu adalah memainkan pola bass drumnya.

Teman-teman bisa tonton penjelasan dari ketukan pertama dari gambar not balok Noah Separuh Aku tersebut pada video di bawah ini,


Nah kalau teman-teman ada yang tidak dimengerti, diulang-ulang aja videonya, sampai akhirnya teman-teman bisa mengerti. Dan yang perlu teman-teman perhatikan dari ketukan drum lagunya Noah Separuh Aku tersebut adalah di ketukan keduanya, itu teman-teman akan memainkan antara snare drum dengan bass drumnya bareng. 

Nah sebenarnya ini enaknya kalau teman-teman mengerti not balok maka ini akan memudahkan teman-teman di dalam belajar.

Nanti ketika teman-teman mulai memainkan ketukan yang bagian yang ribet, akan sangat sulit sekali kalau teman-teman tidak bisa membaca not balok. Akan sangat jauh lebih mudah karena teman-teman akan melihat sendiri bagian dimana berbarengan dan bagian dimana terpisahnya. Itu sebenarnya fungsi dari not balok salah satunya yaitu memudahkan kita di dalam mempelajari drum.

Praktek Memainkan Ketukan Drum Separuh Aku Noah

Di video di bawah ini teman-teman akan bisa menonton saya mempraktekkan beat drum atau ketukan drum dari lagunya Noah Separuh Aku tersebut. Kita langsung saja yuk simak videonya di bawah ini,


Nah nanti ketika kita membahas mengenai ketukan keduanya yang bagian rumitnya, maka teman-teman akan melihat bahwa hal tersebut akan sangat dipermudah kalau kita mengerti not balok.

Semoga teman-teman tidak bingung ya, kalau bingung ditonton ulang dan ditonton ulang lagi saja, sampai nanti teman-teman bisa mengerti dan tidak menjadi bingung lagi. Setelah ini nanti saya akan membuat video dimana saya menjelaskan mengenai ketukan drum bagian rumitnya, baru kemudian setelah ini masih ada lagi teman-teman, karena ketukan drumnya Noah yang saya bahas di artikel dan di video ini baru ketukan drumnya Noah di 30 detik pertamanya.

Nanti ketika masuk ke lagu, dan sang vokalisnya mulai bernyanyi maka ketukan drumnya pun akan berubah. Ada sedikit perubahannya, tapi aksen yang di second hi hat atau di stax itu masih ada terdengar kalau teman-teman simak dengan baik-baik lagunya Noah tersebut.

Yang berubah hanya snare drum dan bass drumnya saja, namun perubahan bass drum dan snare drumnya saja itu sudah akan sangat mengganggu permainan drum kita tentunya. Dan itulah kenapa kita harus melatihnya lagi.

Pentingnya Punya Guru Drum

Kalau teman-teman punya guru drum maka hal ini akan lebih memudahkan teman-teman. Karena tentunya ketika teman-teman sedang belajar, pastinya teman-teman akan mengalami yang namanya kesulitan dan tidak bisa langsung bisa mengerti dan langsung bisa memainkan pola drum dari lagu yang lagi teman-teman mainkan. Apalagi kalau teman-teman memang masih sangat pemula sekali, maka dengan punya guru drum akan sangat mempermudah dan sangat menyingkat waktu teman-teman untuk teman-teman kemudian bisa mahir di dalam memainkan drum.

Tapi tentunya semua itu harus dibarengi dengan latihan yang rutin ya, karena kalau teman-teman punya guru drum yang bagus di dalam mengajar, tapi teman-teman tidak pernah latihan di rumah dan malas latihan maka akan sia-sia saja guru drum yang bagus itu. Kalau begitu kondisinya, saran saya sih mendingan ngga usah les drum, karena cuma buang-buang uang saja, karena toh apa yang diberikan oleh sang guru juga ngga pernah kita latih juga, terus ngapain juga membuang waktu kita untuk sesuatu yang kita melatihnya saja malas?

Apalagi di dunia drum, dimana kita berurusan dengan syaraf motorik yang harus digunakan dan dilatih untuk menjadi handal. Kalau kita tidak pernah latihan dan tidak mempunyai jadwal latihan yang teratur, maka ya pastinya perkembangan permainan drum kita juga nantinya akan segitu-gitu saja. Kemudian juga di dunia musik tidak ada yang namanya sistem kebut semalam. Kita harus latihan rutin kalau kita ingin bisa menguasai permainan drum dengan baik. Tidak bisa kita kebut latihan dalam semalam dan kemudian keesokan harinya kita mendapatkan diri kita ternyata sudah jago bermain drum. Hal itu tidak pernah bisa terjadi di dunia drum, kecuali ada keajaiban saja.

Nah ya sudah kalau begitu, nanti kalau saya sudah membuat video lagi lanjutan dari ketukan drum lagunya Noah Separuh Aku ini, akan saya update lagi tulisan ini. Kalau begitu sekian dulu dan saya akhiri dulu ya artikel mengenai belajar drum ketukan drum lagu Noah Separuh Aku ini. Salam drummer!

Komentar